SDN 12 CIBADAK

SDN 12 CIBADAK
Yang Terdepan Sebagai Ujung Tombak Pelayanan

Minggu, 20 November 2011

abstraks

ABSTRAKS

NAMA : NANI ENONG HAERANI, NIM : 091-0201-0080CK JUDUL: ”PERANAN DISIPLIN SISWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN PKn SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CIBADAK KABUPATEN SUKABUMI”

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas apakah adanya tingkat kesadaran disiplin siswa dengan prestasi belajarnya terutama pada pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Cibadak Kabupaten Sukabumi Khususnya pada kelas VIII.

Skripsi ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah Variabel yang mempunyai variabel terikat sedangkan Variabel terikat adalah Variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas.

Metode penelitian yang digunakan dalam menghimpun data adalah metode deskriptif korelasi yaitu mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah yang sedang berlangsung saat ini, kemudian mencari keterhubungan atau korelasi diantara variabel-variabelnya Untuk menentukan sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi SMP Negeri 1 Cibadak Kabupaten Sukabumi, khususnya Kelas VIII, sebanyak 9 kelas dengan jumlah rata-rata perkelas 40 orang siswa.

Tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibadak, berdasarkan beberapa indikatornya secara umum berada pada tingkat yang sedang. Hal ini ditandai dengan indikator seperti 57,02% siswa senantiasa datang tepat waktu ke sekolah, 63,33% siswa senantiasa memakai seragam yang lengkap dengan atribut yang telah ditentukan, 50% siswa senantiasa mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, 61,11% siswa senantiasa mengikuti upacara bendera dengan tertib dan penuh tanggung jawab, 67,22% siswa memiliki sopan santun yang baik.

Hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berada pada kategori sedang hal ini ditandai dengan perolehan rata-rata ulangan harian siswa yang hanya mencapai 63,1.

v

Tingkat kedisiplinan siswa mempunyai pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan korelasi yang diperoleh sebesar 0,73, hal ini menunjukkan korelasi yang tinggi. Artinya bahwa tingkat kesadaran kedisiplinan siswa mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar anak. Sementara itu besarnya pengaruh tingkat kesadaran Kedisiplinan terhadap hasil belajar diketahui sebesar 53%. Artinya 53% hasil belajar ditentuka oleh tingkat kesadaran siswa dalam menaati berbagai peraturan yang berlaku dengan adanya kesadaran Kedisiplinan dari siswa.

Penyusun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar